Jumat, 13 Februari 2015

e-learning PLN




     e-Learning PLN ini merupakan sarana pembelajaran secara online yang ditujukan bagi siswa yang menuntut ilmu di Pusat Pendidikan dan Pelatihan milik PT. PLN (Persero).  Menu utama yang terdapat pada halaman website e-Learning PLN ini yaitu Beranda dan FAQ. Beranda merupakan halaman utama dari website tersebut, sedangkan FAQ merupakan halaman mengenai pertanyaan–pertanyaan yang disertai dengan jawaban, pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya merupakan pertanyaan umum atau yang sering diajukan oleh para siswa. Pada pojok kanan atas dari halaman website ini terdapat User Online, yaitu untuk melihat berapa banyak orang yang sedang mengakses halaman website tersebut.
      Dalam halaman website ini terdapat Panduan Penggunaan Portal e-Learning dan Daftar Pembelajaran e-Learning. Pertama kita akan membahas mengenai Panduan Penggunaan Portal e-Learning yang berisi informasi mengenai langkah-langkah penggunaan dari e-Learning  (bagi siswa) ini. Adapun langkah-langkah tersebut yaitu:
1.   Mengakses portal e-Learning dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :
   1)  Akses melalui jaringan internet dengan alamat https://elearning.pln-pusdiklat.co.id
        2)  Akses melalui jaringan intranet dengan alamat https://10.10.0.24
2.   Login ke Portal e-Learning
      Untuk dapat login ke portal e-Learning siswa harus memasukkan username dan password yang telah diberikan oleh administrator e-Learning melalui email sehingga siswa dapat memiliki hak akses untuk masuk ke dalam e-Learning ini.
       Setelah siswa berhasil login, maka akan muncul status login user sebagai Siswa dan menu utama pada website tidak hanya terdiri dari Beranda dan FAQ, tetapi juga terdapat menu-menu sebagai berikut :
·         Menu Judul Pembelajaran

Menu ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai judul-judul pelajaran yang sedang diikuti oleh siswa. Setelah dilakukan klik pada Judul Pembelajaran maka akan tampil beberapa fitur yang terdapat pada Portal e-Learning PLN yang berfungsi untuk mendukung dan mempermudah proses belajar mengajar bagi siswa.

a.    Kurikulum Silabus
Fitur ini digunakan untuk memberikan keterangan mengenai mata pelajaran terkait yang bertujuan untuk memahami tujuan, topik dari kursus yang akan diikuti siswa.
b.    Materi
Fitur ini digunakan untuk memberikan materi pelatihan dalam bentuk file dokumen (*.doc), file pdf (*.pdf) ataupun file presentasi (*.ppt) yang ditampilkan berdasarkan direktori materi, nama materi dan ukuran materi.
c.    Link
Fitur ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai  link-link penunjang pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa sebagai materi tambahan.
d.    Pengumuman
Fitur ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai pengumuman dari instruktur untuk siswa yang berkaitan dengan pembelajaran.
e.    Dropbox
Fitur ini digunakan untuk sarana/media bagi siswa yang hendak mengirimkan file-file yang berhubungan dengan penugasan dari instruktur.
f.     Jadwal Pelaksanaan
Fitur ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai jadwal pembelajaran yang diikuti, tampilan fitur ini meliputi tanggal mulai pembelajaran dan tanggal berakhirnya pembelajaran.
g.    Learning Path/Materi Tayang
Fitur ini digunakan untuk melihat tayangan (slide show) animatif yang secara otomatis menggantikan slide show yang disajikan oleh instruktur ketika pembelajaran dilaksanakan secara konvensional (In Class Training).
h.    Test
Fitur ini digunakan untuk melihat dan mengerjakan Post Test dan dapat diakses pada hari penyelenggara Post Test atau pada waktu-waktu yang sebelumnya telah ditentukan oleh instruktur.
i.      Forum
Fitur ini digunakan untuk media interaksi antar sesama peserta atau interaksi antara instruktur dengan peserta. Pertanyaan atau diskusi yan disampaikan pada fitur Forum tidak dijawab secara langsung (live) dan akan diarsip oleh sistem untuk dapat dilihat kembali ketika user login pada kesempatan berikutnya.
j.      User
Fitur ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai daftar peserta yang mengikuti pembelajaran dan yang terdaftar sebagai peserta atau instruktur pembelajaran tersebut
k.    Chat
Fitur ini digunakan sebagai pengganti tatap muka antara peserta dengan instruktur, selain itu peserta dapat berdiskusi dengan sesama peserta bahkan dengan instruktur melalui sistem Live Conference Chat secara online (live).
l.      Publikasi Peserta
Fitur ini digunakan sebagai wadah kreatifitas dan inovasi siswa dalam menampung karya tulis siswa yang berkaitan dengan pembelajaran yang sedang diikuti. 
·         Menu Profil
Menu ini digunakan untuk melihat dan mengubah data profil siswa yang diharuskan untuk diisi dengan data sesungguhnya dari siswa.
·         Menu Kalender Kegiatan
Menu ini digunakan untuk melihat informasi kalender kegiatan pembelajaran siswa yang diikuti yang meliputi tanggal mulai pembelajaran dan tanggal berakhir pembelajaran.
·         Menu Progress
Menu ini digunakan untuk melihat progress dari pembelajaran yang sedang dan telah diikuti oleh siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar