e-Learning PLN ini merupakan sarana pembelajaran secara
online yang ditujukan bagi siswa yang menuntut ilmu di Pusat Pendidikan dan
Pelatihan milik PT. PLN (Persero). Menu
utama yang terdapat pada halaman website e-Learning PLN ini yaitu Beranda dan
FAQ. Beranda merupakan halaman utama dari website tersebut, sedangkan FAQ
merupakan halaman mengenai pertanyaan–pertanyaan yang disertai dengan jawaban,
pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya merupakan pertanyaan umum atau yang
sering diajukan oleh para siswa. Pada pojok kanan atas dari halaman website ini
terdapat User Online, yaitu untuk melihat berapa banyak orang yang sedang
mengakses halaman website tersebut.
Dalam halaman website ini terdapat Panduan Penggunaan
Portal e-Learning dan Daftar Pembelajaran e-Learning. Pertama kita akan
membahas mengenai Panduan Penggunaan Portal e-Learning yang berisi informasi
mengenai langkah-langkah penggunaan dari e-Learning (bagi siswa) ini. Adapun langkah-langkah
tersebut yaitu:
1. Mengakses
portal e-Learning dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :
2. Login
ke Portal e-Learning
Untuk
dapat login ke portal e-Learning siswa harus memasukkan username dan password
yang telah diberikan oleh administrator e-Learning melalui email sehingga siswa
dapat memiliki hak akses untuk masuk ke dalam e-Learning ini.
Setelah siswa berhasil login, maka
akan muncul status login user sebagai Siswa dan menu utama pada website tidak
hanya terdiri dari Beranda dan FAQ, tetapi juga terdapat menu-menu sebagai
berikut :
·
Menu
Judul Pembelajaran
Menu ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai judul-judul pelajaran yang sedang diikuti oleh siswa. Setelah dilakukan klik pada Judul Pembelajaran maka akan tampil beberapa fitur yang terdapat pada Portal e-Learning PLN yang berfungsi untuk mendukung dan mempermudah proses belajar mengajar bagi siswa.
a.
Kurikulum
Silabus
Fitur
ini digunakan untuk memberikan keterangan mengenai mata pelajaran terkait yang
bertujuan untuk memahami tujuan, topik dari kursus yang akan diikuti siswa.
b.
Materi
Fitur
ini digunakan untuk memberikan materi pelatihan dalam bentuk file dokumen
(*.doc), file pdf (*.pdf) ataupun file presentasi (*.ppt) yang ditampilkan
berdasarkan direktori materi, nama materi dan ukuran materi.
c.
Link
Fitur
ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai link-link penunjang pembelajaran yang dapat
diakses oleh siswa sebagai materi tambahan.
d.
Pengumuman
Fitur
ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai pengumuman dari instruktur
untuk siswa yang berkaitan dengan pembelajaran.
e.
Dropbox
Fitur
ini digunakan untuk sarana/media bagi siswa yang hendak mengirimkan file-file
yang berhubungan dengan penugasan dari instruktur.
f.
Jadwal
Pelaksanaan
Fitur
ini digunakan untuk memberikan informasi mengenai jadwal pembelajaran yang
diikuti, tampilan fitur ini meliputi tanggal mulai pembelajaran dan tanggal
berakhirnya pembelajaran.
g.
Learning
Path/Materi Tayang
Fitur
ini digunakan untuk melihat tayangan (slide show) animatif yang secara otomatis
menggantikan slide show yang disajikan oleh instruktur ketika pembelajaran
dilaksanakan secara konvensional (In Class Training).
h.
Test
Fitur
ini digunakan untuk melihat dan mengerjakan Post Test dan dapat diakses pada
hari penyelenggara Post Test atau pada waktu-waktu yang sebelumnya telah
ditentukan oleh instruktur.
i.
Forum
Fitur
ini digunakan untuk media interaksi antar sesama peserta atau interaksi antara
instruktur dengan peserta. Pertanyaan atau diskusi yan disampaikan pada fitur
Forum tidak dijawab secara langsung (live) dan akan diarsip oleh sistem untuk
dapat dilihat kembali ketika user login pada kesempatan berikutnya.
j.
User
Fitur
ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai daftar peserta yang mengikuti
pembelajaran dan yang terdaftar sebagai peserta atau instruktur pembelajaran
tersebut
k.
Chat
Fitur
ini digunakan sebagai pengganti tatap muka antara peserta dengan instruktur,
selain itu peserta dapat berdiskusi dengan sesama peserta bahkan dengan
instruktur melalui sistem Live Conference Chat secara online (live).
l.
Publikasi
Peserta
Fitur
ini digunakan sebagai wadah kreatifitas dan inovasi siswa dalam menampung karya
tulis siswa yang berkaitan dengan pembelajaran yang sedang diikuti.
·
Menu
Profil
Menu
ini digunakan untuk melihat dan mengubah data profil siswa yang diharuskan
untuk diisi dengan data sesungguhnya dari siswa.
·
Menu
Kalender Kegiatan
Menu
ini digunakan untuk melihat informasi kalender kegiatan pembelajaran siswa yang
diikuti yang meliputi tanggal mulai pembelajaran dan tanggal berakhir
pembelajaran.
·
Menu
Progress
Menu
ini digunakan untuk melihat progress dari pembelajaran yang sedang dan telah
diikuti oleh siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar